Skip to content

Tips mencegah mabuk di perjalanan

March 11, 2009
tags:

Tipsmencegah mabuk perjalanan

Anda tengah merencanakan perjalanan jauh bersama anak-anak pada liburan sekolah nanti ????
Jika ya, tetaplah berhati- hati karena perjalanan tidak selamanya menyenangkan, terutama kalau anak mengalami mabuk perjalanan.
Kalau mabuk menimpa, si anak tersiksa & orang tua pun repot. Bagaimana mencegahnya? Ikuti tips berikut.
Hindari aktivitas membaca terlalu lama di perjalanan.
Dengarkan alunan musik yang disukai. Musik yang tidak disukai atau dirasa membosankan juga dapat menimbulkan rasa mual. Volume tak perlu terlampau keras.
Lakukan permainan atau kegiatan yang aman dan menyenangkan, seperti main tebak-tebakan, bernyanyi, dan bercanda.
Dudukkan anak dengan posisi searah perjalanan. Ajari anak untuk melihat pemandangan di kejauhan seperti gunung atau hamparan sawah yang luas. Obyek di kejauhan tidak ‘bergerak’ secepat obyek di tepi jalan, sehingga tidak memusingkan.
Jika mobil memiliki tiga baris kursi, pilihlah baris kedua yang minim guncangan.
Persiapkan kondisi tubuh anak dengan prima. Jika anak sakit, sebisa mungkin perjalanan jauh dan lama tidak dilakukan saat itu.
Beristirahatlah sejenak di sela perjalanan panjang
Cukupi konsumsi air. Bawalah bekal buah atau jus yang rasanya segar. Air jahe dan gula juga membantu meredam mula dan muntah. Selain dalam minuman, jahe dalam biskuit dan permen juga cukup bermanfaat.
Pastikan sirkulasi udara di kendaraan baik
Jauhkan asap rokok karena selain mengiritasi saluran pernafasan, juga membuat anak mual
Hindari makanan pedas dan berminyak sebelum dan selama perjalanan
Usahakan perut tidak terlampau kenyang.
sumber :kompas.com
================= ================= ============
JANGAN SALAH PILIH PRODUK ORGANIK
http://www.lautanindo nesia.com/images/ser barasa/ 12127416831 .jpg
Sekarang banyak produk berlabel organik. Apa dan bagaimana cara memilih bahan pangan organik yang benar, simak info berikut ini.
Tidak hanya sayuran
Istilah pangan organik mengacu pada sistem budi daya (proses pertumbuhan dan pemeliharaan) dan pengolahan bahan pangan secara alami yang bebas dari tambahan bahan kimia. Selain sayuran dan buah-buahan, produk organik juga meliputi produk hewani, seperti daging sapi, ayam, telur, dan susu. Bahkan, selai, sirop, makanan kaleng dan makanan bayi pun ada yang organik (umumnya impor).
Apa kelebihannya?
Karena tidak mengandung bahan kimia, bahan organik aman untuk kesehatan. Pangan organik ini juga ternyata ‘baik’ bagi lingkungan.
Teliti sebelum membeli
* Asumsi bahwa sayuran organik adalah sayuran yang kondisi fisiknya tidak mulus (misal: daun berlubang karena dimakan ulat yang tetap hidup karena tidak ada pestisida) bisa jadi benar, tetapi hal itu tidak bisa dijadikan indikator. Bisa saja daun berlubang tersebut memang tidak bagus pada saat proses penanaman sehingga menghasilkan produk yang kurang baik.
* Cermati label kemasan.. Sebaiknya, pilih yang telah memiliki sertifikat organik. Atau, bisa juga membeli dengan azas kepercayaan karena Anda telah mengetahui kredibilitas produsennya.
* Pilih produk yang masih segar. Tanyakan kepada penjual, kapan biasanya produk tersebut dikirim dari produsen sehingga Anda bisa mendapatkan produk baru dengan kualitas prima.

Comments are closed.

%d bloggers like this: